Sabtu, 03 Desember 2011

HACCP

Apa itu HACCP?

Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) adalah suatu sistem kontrol dalam upaya pencegahan terjadinya masalah yang didasarkan atas identifikasi titik-titik kritis di dalam tahap penanganan dan proses produksi. HACCP merupakan salah satu bentuk manajemen resiko yang dikembangkan untuk menjamin keamanan pangan dengan pendekatan pencegahan (preventive) yang dianggap dapat memberikan jaminan dalam menghasilkan makanan yang aman bagi konsumen.
Tujuan dari penerapan HACCP dalam suatu industri pangan adalah untuk mencegah terjadinya bahaya sehingga dapat dipakai sebagai jaminan mutu pangan guna memenuhi tututan konsumen. HACCP bersifat sebagai sistem pengendalian mutu sejak bahan baku dipersiapkan sampai produk akhir diproduksi masal dan didistribusikan. Oleh karena itu dengan diterapkannya sistem HACCP akan mencegah resiko komplain karena adanya bahaya pada suatu produk pangan. Selain itu, HACCP juga dapat berfungsi sebagai promosi perdagangan di era pasar global yang memiliki daya saing kompetitif.
Pada beberapa negara penerapan HACCP ini bersifat sukarela dan banyak industri pangan yang telah menerapkannya. Disamping karena meningkatnya kesadaran masyarakat baik produsen dan konsumen dalam negeri akan keamanan pangan, penerapan HACCP di industri pangan banyak dipicu oleh permintaan konsumen terutama dari negara pengimpor.
Penerapan HACCP dalam industri pangan memerlukan komitmen yang tinggi dari pihak manajemen perusahaan yang bersangkutan. Disamping itu, agar penerapan HACCP ini sukses maka perusahaan perlu memenuhi prasyarat dasar industri pangan yaitu, telah diterapkannya Good Manufacturing Practices (GMP) dan Standard Sanitation Operational Procedure (SSOP).
Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh suatu industri pangan dengan penerapan sistem HACCP antara lain meningkatkan keamanan pangan pada produk makanan yang dihasilkan, meningkatkan kepuasan konsumen sehingga keluhan konsumen akan berkurang, memperbaiki fungsi pengendalian, mengubah pendekatan pengujian akhir yang bersifat retrospektif kepada pendekatan jaminan mutu yang bersifat preventif , dan mengurangi limbah dan kerusakan produk atau waste .

SEJARAH HACCP

Konsep HACCP pertama kali dikembangkan ketika perusahaan Pillsbury di Amerika Serikat bersama-sama dengan US Army Nautics Research and Development Laboratories, The National Aeronautics and Space Administration serta US Air Force Space Laboratory Project Group pada tahun 1959 diminta untuk mengembangkan makanan untuk dikonsumsi astronot pada gravitasi nol. Untuk itu dikembangkan makanan berukuran kecil ( bite size ) yang dilapisi dengan pelapis edible yang menghindarkannya dari hancur dan kontaminasi udara. Misi terpenting dalam pembuatan produk tersebut adalah menjamin keamanan produk agar para astronot tidak jatuh sakit. Dengan demikian perlu dikembangkan pendekatan yang dapat memberi jaminan mendekati 100% aman.
Tim tersebut akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa, cara terbaik untuk mendapatkan jaminan tertinggi adalah dengan sistem pencegahan dan penyimpanan rekaman data yang baik. Konsep yang saat ini dikenal sebagai HACCP ini, jika diterapkan dengan tepat dapat mengendalikan titik-titik atau daerah-daerah yang mungkin menyebabkan bahaya. Masalah bahaya ini didekati dengan cara mengamati satu per satu bahan baku proses dari sejak di lapangan sampai dengan pengolahannya. Bahaya yang dipertimbangkan adalah bahaya patogen, logam berat, toksin, bahaya fisik, dan kimia serta perlakuan yang mungkin dapat mengurangi cemaran tersebut. Disamping itu, dilakukan pula analisis terhadap proses, fasilitas dan pekerja yang terlibat pada produksi pangan tersebut.
Pada tahun 1971, untuk pertama kalinya sistem HACCP ini dipaparkan kepada masyarakat di negara Amerika Serikat di dalam suatu Konferensi Nasional Keamanan Pangan. Pada tahun berikutnya Pillsbury mendapat kontrak untuk memberikan pelatihan HACCP kepada badan Food and Drug Adminstration (FDA). Dokumen lengkap HACCP pertama kali diterbitkan oleh Pillsbury pada tahun 1973 dan disambut baik oleh FDA dan secara sukses diterapkan pada makanan kaleng berasam rendah.
Pada tahun 1985, The National Academy of Scienses (NAS) merekomendasikan penerapan HACCP dalam publikasinya yang berjudul An Evaluation of The Role of Microbiological Criteria for Foods and Food Ingredients. Komite yang dibentuk oleh NAS kemudian menyimpulkan bahwa sistem pencegahan seperti HACCP ini lebih dapat memberikan jaminan kemanan pangan jika dibandingkan dengan sistem pengawasan produk akhir.
Selain NAS, lembaga internasional seperti International Commission on Microbiological Spesification for Foods (ICMSF) juga menerima konsep HACCP dan memperkenalkannya ke luar Amerika Serikat. Ketika NAS membentuk The National Advisory Commitee on Microbiological Criteria for Foods (NACMCF), maka konsep HACCP makin dikembangkan dengan disusunnya 7 prinsip HACCP yang dikenal sampai saat ini. Konsep HACCP kemudian diadopsi oleh berbagai badan internasional seperti Codex Alimentarius Commission (CAC) yang kemudian diadopsi oleh berbagai negara di dunia termasuk Indonesia .

Poto Olahraga yang ekstrim

Poto Berikut ini berisi tentang Olahraga yang ekstrim yang diperlihatkan seperti slow motion. bagus banget. coba aja cek sendiri :
The Extreme Sports Sequential Photos

The Extreme Sports Sequential Photos

The Extreme Sports Sequential Photos

The Extreme Sports Sequential Photos

The Extreme Sports Sequential Photos

The Extreme Sports Sequential Photos

The Extreme Sports Sequential Photos

The Extreme Sports Sequential Photos

The Extreme Sports Sequential Photos

The Extreme Sports Sequential Photos

The Extreme Sports Sequential Photos

The Extreme Sports Sequential Photos

The Extreme Sports Sequential Photos

The Extreme Sports Sequential Photos

The Extreme Sports Sequential Photos

The Extreme Sports Sequential Photos

sejarah kapa tempur bismarck:Kapal Perang Terbaik NAZI-1941 WW II[lot of pic inside]

sejarah kapal tempur bismarck:Kapal Perang Terbaik NAZI-1941 WW II[lot of pic inside]

misterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to all
Thumbs up sejarah kapal tempur bismarck:Kapal Perang Terbaik NAZI-1941 WW II[lot of pic inside]

^^^^^^^^^

lakukan langkah ini di sini
BISMARCK : Kapal Perang Nazi, Butuh 1 Armada Inggris ,Kapal Selam dan Pesawat tempur utk menenggelamkannya

Pendahuluan

Kapal perang Bismarck dinamakan dari Pahlawan jerman Otto Fürst von Bismarck, yang berpengaruh menyatukan Jerman dan perpecahan politik di Eropa sebelum pertengahan abad ke 19. Otto Bismark juga di kenal sebagai “Iron Chancellor”. Yang merupakan Kanselir (chancellor) pertama Jerman dan tentu saja dia dikenal karena Skill Diplomatiknya yang mumpuni, BISMARCK mengatur dan membuat Perdamaian di eropa untuk beberapa generasi.
Dari nama tokoh sejarah Hebat Jerman ini, kelihatan bagaimana Nazi menaruh harapan yang besar pada Kapal Perang mereka ini yang di beri nama BISMARCK.
Kehebatan otto Bismarck ini begitu membekas di bangsa Jerman, sehingga beberapa generasi Kapal Perang mereka yang terkuat selalu dinamakan Bismarck.

Begitu Besarnya harapan Jerman terhadap kapal ini terlihat dari Pidato Hitler
Hitller dan Rombongannya yang hadir pada peresmian BISMARCK.


Hitller memberikan sambutannya pada ceremony peluncuran:
“ Dua puluh tahun lalu, armada kita menemuai takdirnya dan gugur dgn gagah berani di laut selama pertempuran 4 tahun. … Enam tahun setelah Revolusi Nasioanal, kita mengharap dan menunggu hari ini. Peluncuran ketiga dan kapal perang terkuat Armada kita. Sebagai Führer dari rakyat Jerman dan sebagai Kanselir. Saya tidak dapat memberikan nama lain yang lebih baik yang tercatat di dalam sejarah Kita, Nama dari Pria yang ditakuti para kesatria, seorang creator.seorang yang membangkitkan semangat dan kekuatan ekspansi nasional kita. Pekerja Jerman, Insinyur dan pekerja Industri yang telah membangun rangka dari raksasa laut ini. Sehingga Pelaut jerman,dan perwira yang memimpin kapal ini mendapatkan kebanggaan dan kehormatan untuk memimpin kapal ini dan selalu mengingat nama yang menggentarkan. Dengan Semangat “ Iron Chancellor”bersama mereka. Biar mereka menjalankan panggilan tugas mereka. Dengan Harapan yang membara ini, Rakyat Jerman Memberikan Penghormatan kepada kapal Perang……..
B I S M A R C K… !”

Tercatat empat kapat Perang Jerman yang terhebat di zamannya menggunakan nama BISMARCK, diantaranya:
1. The Corvette Bismarck : 1878

Displacement: 3,386 mt. max.

Dimensions: overall length 82.50 m, water line 72.20 m, beam 13,7 m, draft 5.68 m forward, 6.18 m aft.

Armament: 16 x 15cm/22, 2 x 8.8cm/30, 2 x 8.8cm/30, 6 x machine guns, 2 x 35cm TT, bow.
Propulsion Plant: One horizontal 3-cylinder single expansion engine, four transverse trunk boilers, one retractable 2-bladed screw of 5.2m diameter, one generator 1.9kW 55V. Power 2530 ihp max.

Speed: 12.5 knots max.

Crew: 404 men.

2. The Armoured Cruiser Fürst Bismarck : 1896
The armoured cruiser Fürst Bismarck.

Displacement: standard 10,690 mt, full load 11,460 mt.
Dimensions: overall length 127 meters, water line 125.7 meters, beam 20.4 meters, draft 7.8 meters forward, 8.46 aft.
Armament: 4 x 24cm/L40, 12 x 15cm/L40, 10 x 8.8cm/L30, 5 x 45cm TT.
Protection: deck 30-50 mm, belt 100-200mm, main turrets 200 mm max, conning tower 200 mm max.
Propulsion Plant: Three vertical 4-cylinder engines, 8 Dürr burners boilers, three screws, power 13,622ihp max.
Speed: 18.7 knots.
Crew: 621 men.
3. Battlecruiser Fürst Bismarck : 1915
Displacement: standard 31,000 mt, full load 35,300 mt.
Dimensions: overall length 223 meters, beam 30.4 meters, draft 9.3 meters forward, 8.4 aft.
Armament: 8 x 35cm/45, 14 x 15cm/45, 8 x 8.8cm/45, 5 x 60cm TT.
Protection: deck 30 mm, belt 300 mm, main turrets 320 mm max, conning tower 350 mm max.
Propulsion Plant: Four sets of turbines with Föltinger fluid transmission, 24+8 boilers, 8 diesel generators 2,320kW 220V, four 3-bladed screws, power 90,000shp. Two rudders.
Speed: 28 knots.
Crew: 1,186 men.
4. Dan yang keempat yang menjadi bahasan kita adalah BISMARCK kelas Fleet Battleships

Perbandingan Kelas Fleet battleships dengan kelas lainnya:

pembuatan/Kontruksi Bismarck

Berikut ini adalah foto2 pembuatan/Kontruksi Bismarck di Blohm & Voss Shipyard facilities in Hamburg - Jerman
Spoiler for pembuatan kapal bismarck:


















Last edited by misterdarvus; 23-10-2009 at 04:16 PM..
misterdarvus is offline   QUOTE
Unread 05-10-2009, 02:14 PM   #2
kaskus maniac

misterdarvus's Avatar

UserID: 941921
Join Date: Jun 2009
Location: Yah,bocor..
Posts: 4,580
Blog Entries: 97
misterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to all

CREW BISMARCK: 2,249 Bismarck crewmen
Inilah gambar awak kapal BISMARCK, mereka adalah awak kapal terhebat sepanjang sejarah. Karena mereka sendirian bertempur menghadapi armada Inggris…sejarahwan mencatat bahwa hampir sebagaian besar armada inggris di kerahkan untuk meneggelamkan kapal ini, belum pernah terjadi dalam sejarah dimana sebuah kapal bertarung sendirian menghadapi belasan kapal Inggris. Ini juga tercatat sebagai pertempuran brutal dan agresif dari armada inggris..yang merupakan armada terkuat di dunia saat itu…

Dengan komitmen terhadap tugas mereka, spirit mereka tetap menyala …


Uji Coba Bismarck
Spoiler for uji coba bismarck:






















Last edited by misterdarvus; 05-10-2009 at 02:22 PM..
misterdarvus is offline   QUOTE
Unread 05-10-2009, 02:15 PM   #3
kaskus maniac

misterdarvus's Avatar

UserID: 941921
Join Date: Jun 2009
Location: Yah,bocor..
Posts: 4,580
Blog Entries: 97
misterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to all
OPERATION RHEINÜBUNG


Pada tanggal 20 mei, di kattegat. Angkatan laut Jerman bertemu beberapa kapal ikan swedia. Pada pukul 13.00 kapal jerman terlihat oleh kapal perang swedia Cruiser Gotland (dengan Kapten Agren). Kapten agren kemudian melaporkan ke Stockholm. Luthen Admiral Günther Lütjens mengasumsikan bahwa kapal swedia ini akan melaporkan posisinya. Lutjens kemudian melaporkan ke Pemimpin angkatan laut Jerman Rolf Carls. Pihak swedia telah melaporkan terlihatnya dua kapal Jerman ini ke atase angkatan laut inggris Captain Henry W. Denham. Di lanjutkan surat dari kedutaan inggris di Stockholm – Swedia, Denham mengirim pesan kepemimpin angkatan laut inggris di London:
“Kattegat hari ini 20 mei. Pada jam 15.00, dua kapal perang besar termasuk tiga destroyer, lima kapal dan 10 atau 12 pesawat melewati Marstrand to the northeast. 2058/20”

Rute Pelayaran Bismarck and Prinz Eugen di Korsfjord - Norwegia

Selanjutnya pada pukul 11.00 pagi tanggal 21 mei, Angkatan laut inggris mengirim pesawat mata2 (Spitfire - Lieutenant Michael Suckling) dari skotlandia untuk melihat posisi kapal perang Jerman di suatu daerah yang dikenal dengan Korsfjord (lihat pada peta di atas). Pesawat mata2 berhasil mengambil gambar keberadaan kapal Jerman dari ketinggian 8,000 meters (26,200 feet) dan kembali ke skotlandia. Terlihatnya kapal perang jerman oleh Cruiser Swedia di Kattegat adalah benar, dan memberikan informasi penting bahwa BISMARCK telah melewati canal Kiel.
Foto dari pesawat mata2 Inggris menangkap pergerakan BISMARCK dan Prinz Eugen

Pertempuran di Selat Denmark

Cuaca tetap buruk pada tanggal 23 Mei, saat Bismarck memasuki Selat Denmark. Lutjens tidak tahu kalau di selat ini Suffolk dan Norfolk sedang berpatroli. Begitu pula Laksamana Walker tidak tahu kalau Bismarck sudah sampai ke Selat Denmark. Di sini kesalahan badan intelijen Jerman menjadi fatal. Mereka menganggap Inggris tidak memiliki radar yang cukup baik untuk mencari musuh di cuaca buruk, sehingga Lutjens dengan tenang menyuruh Bismarck dan Prinz Eugen melewati daerah yang berkabut tebal. Perlindungan alam ini nyaris tak berguna karena Suffolk ternyata sudah memiliki radar yang mumpuni mencari musuh, tapi Norfolk tidak mempunyai radar sehingga nyaris mustahil dia bisa menemukan Bismarck.
Malam harinya tertangkaplah Bismarck di radar Suffolk. Melihat ini, Laksamana Walker langsung memerintahkan kapalnya untuk mundur sembari mengabari Scapa Flow tentang posisi Bismarck. Tapi entah kenapa, berita ini tak pernah sampai. Untung bagi Inggris, Norfolk yang tak mempunyai radar tetap mondar-mandir di selat Denmark sebelum radar Bismarck memergokinya dan menembakinya. Tembakan ini mengawali pertempuran yang baru akan berakhir 3 hari lagi. Melalui serangan inilah Tovey mendapati posisi armada Lutjens. Norfolk sendiri memutuskan mundur dengan bantuan tabir asap dan tidak menerima kerusakan sedikitpun.
Kapal Suffolk dan Norfolk membayangi kedua kapal Jerman tersebut sembari menunggu kedatangan Laksamana Holland. Melalui radio, Laksamana Holland memberi tahu Laksamana Walker tentang rencananya. Rencananya kira-kira seperti ini: saat Hood dan Prince of Wales menembaki Bismarck, maka Suffolk dan Norfolk harus memusatkan serangannya ke Prinz Eugen. Tapi perintah ini tidak pernah sampai ke Admiral Walker.Walker mengira kekuatan Hood dan Prince of Wales sudah cukup untuk mengalahkan Bismarck. Dugaan yang ternyata keliru.
Pagi hari tanggal 24 Mei Hood dan Prince of Wales bertemu lawannya. Laksamana Holland kemudian memerintahkan menembak. Serangan Hood dan Prince of Wales diperintahkan untuk dipusatkan ke Bismarck, dengan kata lain Holland tetap melaksanakan rencana awalnya.

kapal2 yang ikut bertempur dgn BISMARCK:
Spoiler for BISMARCK vs the enemy:








Tembakan dari HMS Hood mendarat di dekat Prinz Eugen

Sedangkan Suffolk dan Norfolk dengan santai mengawasi pertempuran dari jauh.
Kesalahan fatal lain kembali dilakukan Hood. Bukannya menembaki Bismarck, yang ditembaki malah Prinz Eugen. Bismarck dan Prinz Eugen dengan kompak menembaki kapal yang sama: HMS Hood.

Jot Dora! The Bismarck Opens Fire.

Segera saja Hood dihujani proyektil peluru 20,3 cm dan 38 cm.

ismarck opens fire on Hood.

Lalu terjadilah peristiwa yang luar biasa; sebuah peluru Bismarck tepat mengenai gudang penyimpanan amunisi milik Hood yang lalu meledak dengan dashyat dan melontarkan api sampai 300 meter. Hood lalu patah menjadi dua dan tenggelam ke dasar laut.

Melihat ini, segera saja Prince of Wales memutar haluannya dari tempat Hood tenggelam, kalau-kalau masih ada yang selamat. Tapi dari total 1419 awak kapal, hanya 3 awak yang berhasil diselamatkan. Setelah Hood tenggelam, giliran Prince of Wales menerima peluru kombinasi Bismarck dan Prinz Eugen. Segera saja Prince of Wales menerima tembakan-tembakan akurat Bismarck yang berakibat bagian buritannya berlubang dan kemasukan ratusan ton air laut.

Lalu dikeluarkan perintah untuk melarikan diri dari pertempuran dan Prince of Wales mundur di bawah perlindungan tabir asap.
Prinz Eugen sendiri tidak mendapat kerusakan sama sekali. Tapi Bismarck mendapat tembakan dari Prince of Wales yang menyebabkan kecepatannya berkurang dan meninggalkan bekas minyak di sepanjang jalur yang dilaluinya. Bekas inilah yang nantinya akan mempermudah pesawat torpedo AL Inggris untuk mencari Bismarck

Situasi Pertempuran menurut Peta di mana BISMARCK dan Prinz Eugen Vs HMS Hood dan Prince Wales ( 2 Vs 2)


Inilah posisi BISMARCK dan Prinz Eugen, dan mereka punya tiga Opsi utk melarikan diri dari kepungan kapal2 Inggris spt pada gambar di bawa ini:


Last edited by misterdarvus; 05-10-2009 at 02:32 PM..
misterdarvus is offline   QUOTE
Unread 05-10-2009, 02:16 PM   #4
kaskus maniac

misterdarvus's Avatar

UserID: 941921
Join Date: Jun 2009
Location: Yah,bocor..
Posts: 4,580
Blog Entries: 97
misterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to allmisterdarvus is a name known to all
BISMARCK Di kejar dan Di tenggelamkan

Berita tenggelamnya HMS Hood membuat pihak Inggris sedih sekaligus marah. Pembalasan pun dilakukan secara radikal dan agresif. Laksamana Tovey langsung mengerahkan tak kurang dari 16 kapal perang hanya untuk mengejar Bismarck. Semua kapal itu umumnya sedang melakukan patroli atau menjaga konvoi dagang. Bahkan beberapa di antaranya sudah mulai kehabisan bahan bakar. Namun Laksamana Tovey tidak memperdulikan itu. Begitu pula dengan kapal-kapal yang diperintahkan, mereka tidak peduli keadaan mereka. Mereka hanya ingin mencari dan menghabisi Bismarck. Pengejaran Bismarck tetap menemui berbagai kendala walau jumlah kapal yang dikerahkan sanagt banyak. Penjelajah HMS Suffolk dan HMS Norfolk yang menguntit Bismarck melalui bekas minyak yang ditinggalkannya pun dihadang badai dan hujan sehingga Bismarck tiba-tiba hilang dan baru ditemukan berjam-jam kemudian (24 Mei 1941).


Tanggal 25 Mei Bismarck menghilang dari radar Suffolk, padahal pada saat itu para perwira mereka sudah terlalu letih. Mereka sudah berhari-hari tak tidur dan senantiasa terus berada di menara komando memantau Bismarck.

Inilah manuver BISMARCK yg membuatnya sempat Hilang dari pantauan armada Inggris:

Pada pukul 11.52 pagi/siang Tanggal 25 Mei, Lutjens memberikan pidato kepada Crew kapalnya (crew BISMARCK) lewat loudspeacker:
“Utk awak kapal Perang BISMARCK. Kalian telah tercatat di dalam sejarah. Dengan tenggelamnya kapal Perang Cruiser Hood tidak hanya keuntungan secara militer tetapi Moral (psikology), karena Hood adalah kebanggaan Inggris. Musuh sekarang mengarahkan pandangannya terhadap kekuatan kita oleh sebab itu kita berpisah dengan Prinz eugen utk memecah konsentrasi musuh. Karena tembakan yang kita terima, kita tidak punya pilihan selain menuju ke semenanjung Perancis. Musuh sudah menanti kita di arah tersebut dan siap bertempur dengan kita. Harapan jerman sekarang ada di pundak kalian dan kita akan menembak sampai Laras meriam terakhir bergelora dan sampai Proyektil terakhir di tembakan dari laras meriam. . For us soldiers [the battle cry] as of now is: “Victory or death!”

(catatan: bahan bakar Bismarck yang terbatas sebab tumpah ke laut pada saat pertempuran dengan HMS HOOD dan Prince wales)

Bismarck baru ditemukan lagi tanggal 26 Mei saat sebuah pesawat

Segera saja pesawat-pesawat jenis Swordfish dari kapal induk HMS Arc Royal menyerang namun keliru karena yang diserangnya ternyata adalah kapal Inggris HMS Sheffield. Beruntung serangan tersebut meleset. Serangan kedua berhasil mengenai sasarannya dan Bismarck terkena tembakan torpedo pada peralatan kemudinya dan karena terendam air sehingga tidak dapat diperbaiki.

Bismarck yang kemudinya rusak kemudian dikejar oleh perusak Cossack dan 4 perusak lainnya di bawah pimpinan Kapten Vian. Terjadi kontak antara armada ini tapi karena badai, kontak tersebut putus. Kontak baru terjadi pada pukul 08.43 pada tanggal 27 Mei 1941. Saat itu HMS King George V memergoki lawan yang sudah berhari-hari dicarinya. Segera saja Bismarck mendapat salvo tembakan dari HMS King George V, HMS Rodney, HMS Norfolk, dan HMS Dorsetshire.


The Bismarck under Fire. British shells fall near the Bismarck (right) on the morning of 27 May 1941. Photo taken from the heavy cruiser Dorsetshire.
Pertempuran pun terjadi dan Bismarck yang dikeroyok akhirnya tenggelam pada pukul 10.40 pagi, setelah ditorpedo HMS Dorsetshire.
The Sinking of the Bismarck

The Sinking of the Bismarck. This photo, taken from the cruiser Dorsetshire between 1036-1038 hours on 27 May 1941, shows the Bismarck about to capsize sinking by the stern.

Crew Kapal BISMARCK yang Selamat

Lebih dari 2200 Crew BISMARCK, 800 diantaranya meninggalakan Kapal namun yang selamat hanya 115 Crew kapal.




Analisis kesalahan Bismarck

Kemenangan itu begitu berarti bagi Inggris dan diabadikan dalam sebuah film di tahun 1960-an. Para pakar dan sejarawan berpendapat bahwa terjadi berbagai kesalahan fatal sejak Bismarck berangkat dari Gdynia. Seharusnya Bismarck tidak berlayar melalui selat Kattegat dan Skaggerrak dan Laut Timur karena di jalur itu penuh dengan mata-mata yang mengamatinya. Akan lebih aman jika melalui Kanal Kaisar Wilhelm. Hal lain adalah Bismarck mestinya menambah bahan bakarnya sehingga bisa melarikan diri dari gempuran peluru lawan.




tamat